53 Hari

53 hari setelah kepergian Gaza...
53 hari penuh warna-warni...
53 hari yang mungkin awalnya sulit aku lalui..

males ketemu orang..
sedih ketika orang disekeliling kita mendapati kabar bahagia itu

2 minggu pertama, aku habiskan hari-hariku dengan menjadi putri tidur yang rutinitasnya bangun-makan-nangis-cape nangis-tidur-bangun-makan dan begituuu terus sampi akhirnya bosen sendiri.

Di minggu ke 3, aku kembali menjalani rutinitasku... hmmm hari pertama yang berat menurutku..
Ketika seorang sahabat yang baru 1bulan menikah  mengirimimu foto testpack 2garis miliknya kepada dirimu yang baru saja keguguran 2minggu yang lalu. Namun.. sebagai sahabat sudah sepantasnya aku pun turut bahagia dengan kebahagiaannya itu, walau gak bisa kupungkiri dalam hatiku yang palam dalam aku ingin menjerit. Dan di tempat kerja, akupun mendapati kabar yang sama, perawat yang baru 1bulan menikah juga ternyata hamil. Hmmm... entah kenapa hari itu aku pun seperti ditakdirkan bertemu dengan banyak calon ibu yang baru mendapati dirinya sedang hamil muda.

Apa rasanya?

Meski mulut ini bisa bilang ikhlas, tapi ketika dihadapkan dengan kenyataan seperti ini.. tentu saja aku iri... iriiii sekaliii Dan detik itu aku cuma ingin cepet pulang dan menangis sepuasnya, rasanya gak ingin ketemu orang lebih banyak lagi, yang mungkin diantara orang-orang yang akan kutemui hari itu akan membuat aku semakin terluka.

Ternyata memang benar kata seorang teman yang pernah mengalami keguguran lebih dulu dariku

"Pemulihan fisik setelah keguguran itu cepat koq, cuma pemulihan hatinya yang butuh proses agak lama, gak secepat penyembuhan fisiknya"

Yatapiii... mau sampai kapan aku terus-terusan kaya gini terus???

 Hingga akhirnya nella membalas bbm ku siang itu

"emang sih nis berat, gak suka kalau dengar ada yang hamil.. tapi coba bayangin deh kalo kita yang hamil trus ada yang gak suka sama kehamilan kita, terus kenapa-kenapa sama kehamilan kita gimana coba, amit-amt deh jangan sampai, makanya kita harus bisa mengikhlaskan walaupun berat.. pasti bisa koq"

Yaaa..aku harus bisa dan pasti bisa... :)))

Sampai akhirnya di suatu sore sepulang berjumpa 'Mpit sahabat dari jaman masih piyikkk. Duh yaaa.. dari kemarin-kemarin ngatur jadwal mau ketemuan sama dia susah bener, karena dia ini kan sebenarnya setelah menikah ikut suaminya hijrah ke dumai, nah kebetulna sekarang dia lagi ikutan pelatihan financial planner gitu selama 3bulan, jadi selama 3bulan ada di disini dong. Nah pas aku nya kosong ternyata dia nya gak bisa, begitu terus sampai akhirnya, dia mention saya di twitter ngajak ketemuan dan langsung jadi. Ternyata pertemuan kemarin itu dia maksa banget pengen ketemu setelah tau aku baru keguguran dan aku gak bales bbm nya (padahal udah loh, cuma gak tau nyangkut dimana). Yakkkkk... kembali setelah sepulang bersua dengan 'Mpit, melipir dulu ke toko buku, niatya mau beli beberapa novel, komik dan buku-bukunya Ustadz @Felixsiauw. Nah pas sampai di bagian buku-buku agama, mata ini meriksain satu per satu buku-buku di rak tersebut untuk mencari buku karangan Ustadz @Felixsiauw cuma hasilnya nihillll... dan yang ada malah mata ini tertuju pada sebuah buku yang berjudul "Ya Allah Beri Aku Satu Saja". Baca sinopsis yang ada dibelakeng buku, koq jadi mewek yaaa.. akkk racuuun nih buku.. tapi aku penasaran, ahirnya gak nemu bukunya Ustadz @Felixsiauw malah beli buku itu.
hiiiy..bukunya udah kumel ketauan banget ya kalo yang punya buku pasti anaknya rajin bersih-bersih

Jrengjrengjreg.. sampai di rumah langsung dong dibaca, dan akupun nangis sesenggukan ketika membaca kisah perjuangan Nabi Ibrahim AS untuk memperoleh keturunan. "Ya Allah.. apa yang baru saja aku alami gak ada seujung kukunya yang dialami Nabi Ibrahim AS, tapi koq aku udah merasa paling menderita sedunia" (juara deh niy dramanya).

Yaaa.. kalo disuruh nunggu puluhan tahun seperti Nabi Ibrahim AS bukan lagi nangis darah deh kayanya (Semoga aku dan suami gak perlu nunggu sampai puluhan tahun *aamiin YRA*), yacuman aku harus bisa meneladani ikhtiar Nabi Ibrahim AS dalam memperoleh keturunan, kesabarannya..doa-doa yang tak pernah putus untuk dipanjatkan..usaha yang tak kenal putus asa dan lelah. Aku harus bisa sabar dan tawakal melalui semua ini

"Kadang-kadang Allah SWT sembunyikan matahari, DIA datangkan petir dan kilat. Kita pun menangis dan bertanya-tanya kemana hilangnya matahari? Rupa-rupanya Allah hendak memberi kita pelangi."

Pelangi... Selalu ada pelangi setelah hujan, selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Seperti halnya yang aku alami saat ini. Sejak sebelum menikah sampai dengan setelah menikah, aku dan suami menjalani LDR. Kebetulan sumiku mengumpulkan berlian di kalimantan, pekerjaan suamiku memiliki jadwal ON-OFF yang mana kalau OFF itu artinya jadwal liburan sedangkan ON jadwal kembali bekerja. Dua minggu setelah keguguranku, merupakan jadwal ON suamiku. Dan tetiba...

Suami: "aku males balik ke kalimantan"
Istri: "masudnya"
Suami: "aku mau resign"
Istri: "HAH" (shocklah karena kalau suami resign kan keseimbangan perekonomian kelurga kicik kami pun ikut bergoyang)
Suami: "aku mau kerja di jakarta aja, ini aku lagi nyoba masuk-masukin lamaran"

FYI...percakapan suami-istri ini terjadi di hari selasa, yang mana di hari itu juga pak suami baru mengirim CV nya, dan di hari Rabu Pak Suami dapat telpon dari perusahaan A untuk interview hari kamis. Di hari Kamis ketika sedang interview dengn perusahaan A, Pak Suami pun dapat telpon dari perusahaan B (Pak Suami udah lama ngincer perusahaan ini loh) dan ditanya "Pak Ramadhan kapan siap bergabung bersama kami" jrengjreng... Dan hari Sabtu kembali di telpon Perusahaan A. Hari Senin mulai bekerja di perusahaan A, dan di hari itu juga perusahaan B kembali menelpon juga perusahaan C. Padahal hari selasa seharusnya jadwal pak suami kembali ke kalimantan. Dan akhirnya Pak suami resmi resign dari kerjaan sebelunya dan alhamdulillah dapat rejeki pekerjaan secepat kilat dan di jakarta pula. 

Hikmah lainnya adalah pengajuan KPR kami disetujui, itu tandanya kami harus kerja ekstra keras demi melunasi pembayaran rumah kami dalam jangka waktu 10 tahun. Karena sekarang Pak Suami pindah kerja berarti hal-hal yang menyangkut financial juga ikut berubah dong, yang mungin kemarin istri kerj cuma buat seneng-seneng sajo, tapi karena mulai sekarang ada kewajiban cicilan jadi istri pun juga harus bekerja demi kesejahteraan bersama.

Walhasil..jadwalku pun nyaris pullllll seminggu... yang bikin merana pas suami kebetulan lagi gak ada dinas luar kota, eh lha koq si istri malah dapat jaga malam muluk.. dan ternyata kalo diliat-liat itu juga bertepatan pas masa subur si istri. Ihiiiiiks.. tapi kan rejeki gak bakalan ketuker kan ya ya ya... ini semua kan juga demi.. demiiiiii istana kecil kami nantinya :)))

Pelangi yang muncul setelah hujan reda sangat beraneka ragam warna. Begitu juga hikmah yang aku peroleh setelah kejadian yang aku alami, selain rejeki kerjaan suami, rejeki kpr disetujui, aku pun juga mendapatkan rejeki teman-teman yang luar biasa.. termasuk genggong bridezilla inih. Ya'mpuuun sama-sama belum pernah ketemu langsung, berawal dari saling balas comment di blog masing-masing terus kirim kiriman email, tukeran pin BB/no.telp/ym sampai akhirnya kita bikin grup dan hampir tiap hari selalu rumpik, apalagi kalo udah kamis malem paling rame deh rumpiknya hihihi.. (cuman koq akhir-akhir ini jarang rumpik lagi inih kita buibu)
Hmmm..ibarat kata hubungan pertemanan kita masa kini banget deh (asekkk) belum pernah ketemu, tapi koq yaaa bisa ikribbb kaya udah kenal dari sebelum lahir. Saling support satu sama lain (sungguh aku terhura dengan perhatian saat aku mengalami hari-hari yang berat kemarin :") ), saling bagi info terutama bagi-bagi info edisi kamis malem penting sekalskiiiiii..hihihi...
Hingga akhirnya di suatu siang menjelang sore yang cukup terik, kami calon ibu-ibu muda masa kini yang asikkk berat (bengbeng kaliii) berjumpa. Awalnya sih ini hajatanya ninit cuma akhirnya sekalian deh ketemuan daripada direncanain tapi gak jadi-jadi karena sibuk nyamain jadwal kosong. Dan dari pertemuan dadakan di 30 Juni 2012 kemarin, sepertinya ibu-ibu ini akan semakin rutin bersua setiap 3bulan sekaliii.. dengan diadakannya arisan 3bulanan, next arisan bulan september, tempatya masih belum tau dimana.. ada yang mau di malang, surabaya,jogja,singapore.. bahkan dubai (lirik uchie bhihihik). Yaaa..mau dimana aja yang penting jadi ketemuan ya buibu.. semoga juga seperti doa kita bersama kemarin, pas ketemuan di bulan september semuanya udah pada hamidun nyusul uchie, hmm.. sepertinya injekan jempol uchie pun mulai bereaksi, diawali ulan dengan hasil testpack 2 garisnya di buan puasa ini dan semoga selanjutnya disusul satu persatu yaaa (Teriak aamiin yang kenceng).
belakang: anis, ninit, aka, indri, alin, icha / depan: wina, ulan, heni, uchie, nella, yanti
injekan jempol uchie..semoga cepat nular yaaa.. *aamiin yra*
Ngomong-ngomong hamidun, pasca keguguran.. aku belum sempat kontrol lagi lho (zilhaaaaa jangan jitak akuuuu). Nah terus kan karena siklusku sebelumnya gak teratur jadi kemarin sebelum dapat haid dagdigdug banget.. mana belum tau siklusnya sekarang jadi kaya gimana... belum tau juga boleh langsung hamil atau enggak..belum sempat cek lab ina ini dan itu... sampai akhirnya di hari ke 33 akupun kembali berjumpa dengan si mermer. Lega rasanya.. ikkk koq aneh sik... soalnya niat banget mau potong rambut super pendek dan dilurusin (errr secara rambutku kerliting kluwelkluwel kalo pendek jadi ngembang kaya kebanyakan ditaburin baking powder niy rmbut, etapi kan sebenarnya gak ngaruh juga orang sekarang kan hudah berhijab neng. Hehehe emang dasarnya centil aja.. pengen ngerasain punya rambut lurus super pendek Nah kalo kemarin gak sempet jumpa lagi sama si mermer kan berarti dadada sama cita-cita punya rambut lurus super pendek. Habisnya akika trauma marissa dengan penggunaan obat ataupun bahan kimia lainnya di awal usia kehamilan, duh gak mau lagi deh harus ngerasain kaya kemarin sampai kedua kalinya, apalagi sampai ketiga kalinya, amit-amit jabang bayi.. naudzubillah min dzalik.

Ini motong dan ngelurusin rambutnya niat bener deh... Pulang jaga 36 jam, bukannya langsung pulang ke rumah dan bubu cantik, eh ini malah mampir salon, demi yaaa demiiiii.
Dan rasanya puas banget ngeliat penampilan baru saya ini... gak perlu lagi males keramas karena rambut super panjang dan super keriwil yang bikin lama kalo keramas, dan lama keringnya yaaa secara udah panjang bener.. ini nyiksa banget deh kalo rambut belum kering banget terus buru-buru jadinya kepaksa cepet-cepet dipakein kerudungan dan pas dibuka jadi bauk dan mesti keramas lagiiii.. malesss kan yaa. terusterus..karena rambut udah super pendek, gak ada lagi dong punuk ontanya... selain dilarang si punuk onta ini juga ngeganggu banget kalo buat senderan.

Berkah rambut pendek di bulan puasa, bikin mandi jadi lebih cepat *penting banget loh ini* hahahahaha.. ngakak sampe hongkong..

Alhamdulillah.. 53 hari setelah kepergian Gaza berhasil kulalui.. semoga semakin banyak berkah  Allah SWT yang aku dan suamiku peroleh di bulan ramadhan ini *aamiin YRA*

Selamat berpuasa teman :*