Cenat cenutnya jadi calon manten

Nikmatnya jadi penggangguran bisa bangun siang sesuka hati, tapi tidak hari ini. Teman saya A pagi-pagi nelpon ke rumah untuk konsultasi masalah foto, cateRing, mekap, kebaya.
Selesai tilpun-tilpunan sama A, teman saya B ‎​ввм dan konsultasi tentang dekor, perias, kustom, penginapan, endebre-endebre. Masih ‎​ввм an sama si B, lalu teman saya si C ‎​ввм nanya cateRing dan dukun manten. Dan beberapa menit kemudian si A pun ‎​ввм saya kembali meributkan kegalauannya tentang dekorasi cateRing. Dan ini berlangsung sampai jam 2an. Gileeeee udah kaya penyedia jasa wedding consultant aja rempongnya. Wedding consultant enak dibayar, inih.. dibayar enggak, jempol kesemutan iyeeeee (seRiusan loh jempol eike kesemutan) bhihihik.

Gak ngarep dibayar koq, it was fun. Cumaaa ngadepin teman-teman yang pada panik dan pengen seRba sempuRna itu, saya jadi mikir "gw kemarin gitu juga gak sih".

SutrrrrRis iyaaaaa..
Pengen semua seRba sempurna iyaaaaa..
Pengen ini itu kepentok dana dan waktu iyaaaaaaaaa juga.

Saya nikah bulan november 2011, sedangkan saya dan tuan muda memutuskan siapp menikah itu bulan juli 2011. Jadi ya cuma 4bulan persiapannya.

Sama-sama sibuk, LDR pulak, waktunya teRbatas. Kebayang dong hecticnyra kaya apa, mana waktu itu saya masih kerja (double job pulak), senin-jumat dari subuh-malam keRjooo, sabtu-minggu saya dan ibu suRi mule sibuk ngurus segala macam A-Z urusan pernikahan tuan puteRi.

Capeee dan ngerasa waktu jalannya cepat banget.

Duluuu.. sebelum yakin akan menikah, saya punya impian pernikahan sempuRna saya, harus blablabla..
Saya mau cincin kawin saya sepeRti yang saya mimpi-mimpiin
Saya mau hias seseRahan dan mahaR saya sendiri
Saya mau buat sendiri souvenir akad nikah saya
Saya mau buat sendiri buku tamu dan pulpennya
Saya mau buat sendiri dekoRasi foto
Saya mau blablabla..

Tapi nyatanya..
SeseRahan sampai dekat hari H nya, jangankan dihias, komplit aja belum. Last minute saya masih kekeuh dengan seserahan impian saya. Cuma lagi-lagi saya kepentok dengan masalah waktu, hingga akhiRnya saya memasRahkan saja urusan seseRahan ini ke keluarga calon suami saya pada waktu itu. Bohong kalo saya gak kecewa akan hal ini, namun.. Saya beRuntung punya sahabat yang bijaksana "Nis, seseRahan itu kan cuma simbol dan formalitas aja, gak usah teRlalu muluk-muluk, meski mungkin itu barang belinya pake uang kita, belum tentu keluaRga calon suami kita tau akan hal itu, yang ada ntaR malah komentaR gak enak yang kita dengaR. Lagipula sebentaR lagi dia jadi suami kita, kita bisa lebih bebas minta beliin barang yang kita mau dan orang lain gak perlu tau, apalagi protes, lebih enak kaya gitu malah". Wowww.. Banget ya kata-kata sahabat saya ini, buktinya sukses bikin saya dadada sama rotelli, omega, boneka teddy beaR super Raksasa, alat-alat kedokteran seRba pink, satu set novel kesukaan, kamera lomo dan lain-lainnya, juga harus mengikhlaskan kegagalan saya untuk mendesain sendiRi seseRahan saya :(

Nasib yang sama terRjadi pada souvenir akad, buku tamu, kaRena akhirnya saya memutuskan untuk beli jadi, kaRena yakin gak bakalan selesai tepat waktu :(

Cincin kawin pun bagai kasih tak sampai (˘̩̩̩.˘̩ƪ)
Yanasibbb nikah sama anak Pak Ustadz, jadi segala sesuatu harus sesuai Al-quRan dan hadis. Mengenai cincin kawin udah peRnah saya bahas ϑì postingan sebelumnya.
Yukkk.. Dadada sama cincin kuning emas impian..

Dekorasi foto pun akhirnya kepaksa dihilangkan. Dibanding seseRahan dan cincin kawin saya paling sedih akan hal ini. DekoRasi foto ini berkaitan dengan souvenir. Jaman duluuu banget ngayal kalo nikah souveniRnya foto tamu beseRta fRame nya, saya terinspirasi red carpet nya bintang-bintang hollywood, kaRena tamu-tamu yang udah dandan kece datang ke kawinan, pasti sukiii lah klo ϑì foto. Dan saya memasrahkan urusan foto nya sama tuan muda dan saya yang cari fRame nya, waktu kemaRin vendoR photobooth yang saya pengen belum seheits sekarang, kmrn cuma nemu 1 vendoR "angel factory" dari bandung, cuma angel factory gak bisa memenuhi permintaan kami kaRena meReka. gak bisa cetak sebanyak yang kita mau. Lalu tuan muda mengatakan kalo teman dia menyanggupi konsep saya ini. Tapiiiiih.. beberapa minggu sebelum hari H, teman tuan muda bilang gak sanggup, haishhh cakebbb beneR lu baru bilang sekarang. Panik sejadi-jadinya sibuk cari tukang foto, bahkan jeung nella dan jeung nenny ikutan sibuk cariin tukang foto (ketjup basah). Dapet sih akhirnya vendor photobooth ini, cuman pulllllllll booked ϑì tanggal nikahan saya ‎​ƪ(-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)ʃ‎​‎​ yassalaaaaaaaam..

Dan.. Walau tanpa cincin kawin impian, seseRahan impian, souveniR impian dan smua impian yang kandas lainnya, Alhamdulillah pernikahan saya dan tuan muda beRjalan sukses dan sempurna menurut kami (pengantin yang ganteng&cantik, dekoRasi yang indah, makanan lezat yang gak habis-habis, musik yang indah, banyak tamu yang hadir *hamdallah*).

Mungkiiin.. Kalo waktu itu saya ngotot mewujudkan impian-impian saya kemarin, kayanya semua bisa terwujud. Tapi apa iyaaa.. Pesta peRnikahan saya bisa sesukses dan sesempuRna yang saya rasakan kemarin???

Eyang saya pernah bilang ke ibu saya "nek mantu iku koyo budal haji". Naik haji = mantu yaaa begitulah kepercayaan eyang saya, banyak hal tidak terduga terjadi, ada orang yang mempersiapkan pestanya dengan begitu detail dan sempurna, memilih semua vendoR kualitas unggulan, tapi pada saat pelaksanaan banyak kekacauan, entah salah dimana. Namun ada oRang yang justRu kebalikannya, semua peRsiapannya sedeRhana dan simple, lalu pada haRi H nya sebuah pesta sempuRna yang teRwujud.

Benar kata eyang saya, banyak hal tak teRduga. Untuk cateRing kemarin poRsi yang dipesan benar-benaR passsss.. Bahkan Tante HeRning (owneR DTC) bilang kalo ini sangat riskan, cuma ibu saya keukeuh gak nambah porsi dan yakin seyakinnya makanannya gak akan kehabisan, malah akan berlebihan. Walloohu 'alam.. Sapa yang ngira meskipun kemarin banyak tamu dan saudara yang hadir (jam 1 lewat saya masih berdiri ϑì pelaminan menyalami tamu undangan), makanan melimpah ruah sampai selesai acaRa, bahkan itu makanan udah dibagi rata ke semua saudara, tetangga, teman kantor, tukang becak ϑì komplek, itu makanan teteup gak habis-habis. Hermaaaaan deyh

Begitu pula halnya dengan dekorasi, kaRena keterbatasan dana dan mikir juga "sayang banget ngabisin banyak uang cuma buat bunga yang dipajang trs sls acara dibuang" saya pun memilih dekorasi paling sederhana dan minimalis, Alhamdulillah hasilnya benar-benar luar biasa, bunganya banyak, warna-warni dan bukan bunga murahan, banyak juga item tambahan yang dibeRikan oleh januR kuning. Dan inget banget pas salaman, mas bahar janur kuning bilang "dari kemarin caRi bunga susahnya minta ampun, ini. Alhamdulillah rejeki tau-tau dapet banyak bunga bagus" subhanallah..
Benar-benar diluar dugaan, gak henti-hentinya saya dan keluarga bersyukur. Mungkin ini yang katanya orang-oRang beRkah *Walloohu 'alam*. Bahkan tante Anna waktu ngerias bilang "loh koq ini melatinya banyak banget, bagus-bagus semua melatinya, alhamdulillah mbak.. Insya Allah ini peRtanda berkah buat mbak dan mas nya". BeRkali-kali dengaR kalimat sepeRti itu, gak berhenti-henti beRsyukur dan mengamini doa baik mereka semua. Alhamdulillah Ya Allah..

Mungkin kalo waktu itu saya lebih memilih menghabiskan waktu membuat souvenir daripada mengkhatamkan Al-Quran sebelum saya menikah, semua gak akan seindah ini.

Siapa sih yang gak pengen pesta peRnikahan sekali seumur hidupnya sempuRna, semua pasti mau. Tapi jangan sampai teRlena demi gengsi, melupakan kewajiban kita. Justru semakin dekat harinya, kita harus semakin dekat sama Allah, banyakin sholat sunah nya, banyakin baca QuR'an nya, banyakin sedekah nya, semakin ϑì rajinin senin-kamis nya, puasa senin-kamis nya karena Allah, bukan atas anjuran dukun manten biaR manglingi pas hari H nya, tante anna meski dukun manten, dia sama sekali gak nyuruh saya mutih, puasa dan ritual lainnya, dia cuma nasehatin "yang tenang, santai, pasRah dan beRdoa, insya Allah semuanya sukses".

Memang pesta pernikahan yang sempurna impian sarya, tapi saya lebih menginginkan peRnikahan penuh beRkah dengan keluarga sempurna.

Pesta pernikahan sempurRna cuma beberapa jam, tapi peRnikahan penuh beRkah dan keluaRga sempuRna itu seumur hidup kita.

Jadi teman-temanku calon manten.. Makin dekat harinya, pasrahkan semua sama Allah, justru saat kita pasrah, kita akan belajar artinya beRsyukur. Makin dekat harinya, makin senggol bacok Rasanya, sabar dan mengalah kaRena peRnikahan ini bukan kepentingan kita pengantinnya, tetapi kepentingan keluarga kita terutama orangtua sebagai pemangku hajat, suatu hari nanti kita akan ngerasain koq apa yang dialami oRangtua kita, jadi ngalah, sabar, ikhlas insya Allah semuanya akan beRakhir indah. Makin dekat harinya daripada sibuk ini itu, banyakin basuh muka kita dengan aiR wudhu, hiasi lisan kita dengan bacaan Al-quRan, dan peRindah hati kita dengan sedekah, insya Allah tanpa peRlu mutih, dan teman-temannya, jadi pengantin paling beRsinar ϑì galaksi bimasakti *bhihihik dan peRnikahannya penuh berkah.

‎​آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِنْ

Dan bagi yang sudah teRlaksana tapi tidak sesempuRna impian, beRsyukurlah, kaRena setidaknya ente udah halal dikimpoi sama suami *bhihihik

Ingat sempurna itu kepunyaan Allah, yang penting peRnikahan kita penuh beRkah dan Ridha dari اَللّهُ itu lebih dari cukup.

*ehsumpeeeyeeeguakesambetapatadibisanulisbeginiansebeginipanjangnya huahaha.. Zalammmm zzzuuperrr

it's time go to Sp.OG

Seharusnya pas lagi nulis judul ini idung saya lagi kembang kempis. Tapiiih inih.. MeRingkuk kaya ulet keket di atas kasur.

Judulnya ambigu bgt yak.. Secara eik belom hamidun sodara-sodaRa.

Cumaaa..

Jadi begini sodara-sodara siklus saya itu gak teratur dan udah beberapa malem saya pun tidur tak nyenyak, kebangun di tengah malam gara-gara nyeri perut (like dismenore) yaaa ngarepnya sih gak berdarah yaaa, dan begitu ceki-ceki "Alhamdulillah masih beRsih celananya kaya yang di pajang toko" trus Tuan Puteri bobo cantik lagi, dan malemnya hal yang sama terulang kembali (aturan mah klo parno kaya gini, bobonya gak usah pake celana, biar gak ribet mlorotin).

Dan ternyata tadi siang, celanakupun beRnoda "ahhh tidakkkkkkkkkkkkk" langsung drama kumbara minta di tilpun tuan muda. Dan si tuan muda pun berkata "sabar ya sayang, nanti pas aku pulang kita ke dokter ya".

Nangis-nangis kesakitan pas tuan puteri lagi emmm bukan hal baRu bagi tuan muda. Dia juga hapal banget apa makanan wajib tuan puteri kalo lagi kaya gini, silveRqueen chunky bar, saRi roti cokelat keju yang di celup ke teh manis panas, juga kiRanti (lagi emmm aja pake acara makanan khusus, apakabaR klo hamidun yak).

Dismenore saya juwaraaa bangetlah sakitnya, sampai pingsan, keringat dingin dan muntah segala. Bahkan segala macam analgesik udah tekbal smua. Kalo udah begini si Tuan PuteRi suka drama kumbaRa "mana pesooooo.. Akuuu gak kuwaddd peRutttnyar sakit banged" -> kaya adegan cinta fitRi lagi emmm yah.

Si Tuan muda udah sering banget ngajak saya maen-maenR ke Sp.OG, teman-teman saya pun juga demikian, malah peRnah pas saya koas anak, hari itu haRi peRtama emmm dan hari itu saya juga tugas di peRina (perawatan bayi baRu lahir) dan belum tidur semaleman, banyak sc pas subuh-subuh, yang mana jarak daRi ruang opeRasi lumayan juga bikin gempoR kalo pagi itu udah tawaf berkali-kali "peRina-kamar opeRasi-perina" sampai akhirnya saya beneR-beneR gak kuat buat jalan, dan memilih jongkok di depan ruangan opeRasi, sementara hp bunyi trus kaRena visite peRina udah mau mule, sumpah kalo inget saat itu rasanya mau mati ajah ‎​TT_TT
Nah teman sekosan saya yang nemu saya lagi jongkok kesakitan, naRik paksa saya untuk ke poli obgyn, hadeeeeeeh mendingan lari ikutan visite daRipada musti diobok-obok ituhnyah.

Tuan puteri takut kalo nanti pas di peRiksa teRnyata endometRiosis, kista, pco, endebre endebre (اَسْتَغْفِرُ اَللّه *ketok meja 100x jangan sampe ya اَللّهُ ).

Namuuun.. karena sudah menikah dan pengen cpt2 hamidun.. Daripada di ntar2 dan yang ada malah nyesel belakangan *amit2 jabang beibei* jadiii.. Tuan puteRi mengiyakan tawaran Tuan muda untuk ke Sp.OG

Ah padahal duluuu ngayalnya,, bakal datang ke Sp.OG buat ANC, dan Tuan Puteri pun sudah menetapkan hati untuk ANC dan PaRtus sama dr. Botefilia, Sp.OG (idiiiiih.. positip aja blum uda ngayal). Milih dr. Bote kaRena beliau guru saya (gak maksud apa-apa, cuma kaRena kenal, jadi lebih nyaman dong), bebeRapa teman saya juga ANC & Partus nya sama beliau. Jaman koas dulu.. Suka kagum sama dr. Bote iniii.. Meski saya dan teman-teman peRnah dijudesin jaman koas dulu (ya iyalah koas.. wajaR kalo dijudesin, wajaR juga kalo tiba-tiba disambit buku segede gaban hihihi) dr. Bote ini Sp.OG cewe, muslimah sekali, pinteR, ramah banget sama pasien, penulis novel (cekidot blognya dr.Bote -> http://botefilia.com/ ). Cumaaa karena saya belum mau ANC (insya Allah A.S.A.P) dan waktu itu udah peRnah di rekomendasiin untuk langsung ke ahli endokrin, yaitu Prof. Yacub di sam marie (beliau owneRnya).

Tapiiiiiiiiiih.. Setelah dapet info dari manteman yang berobat ke Prof. Yacub inih, mehoooooooooooong gilakkk, gaji sebulan bisa langsung ludes seketika. Haduuuh mak.. Mana tuan puteRi sekarang pengangguran *mendadak pengen cari kerja demi berobat ke Prof*. Wajar sih ya klo harganya naujubillllllleee.. Sekolahnya aja susyeee (gak maksud curcol) mau jd Sp.OG aja susahnya minta ampun bahkan ada teman saya yang demi apapun dia rela, asal bisa Sp.OG (smoga si tmn yang dimaksud gak baca tulisan inih *aamiin YRA*).

"Apapun demi anak ..." kalimat penutup dari teman saya yang kasih info ttg Prof.Yacub ini sakseis bikin tenggoRokan saya tercekat, kemudian banjiR air mata setelah mendengar tuan muda mengucapkan kalimat yang sama, yang menandai bahwa tuan muda setuju saya peRiksa ke Prof.Yacub walo harus menguras dompetnya. (Ya Allah mudahkanlah & lancaRkanlah rizky suami hamba -> doa istri sholehah :D).

Prof.Yacub meski mehooong, tapi deise laris manis tanjung kimpul, dan kalo mau beRobat sama beliau daftarnya mesti sminggu sbelumnya. Jadi minggu dpn saya daftar, 2minggu lagi pas Tuan Muda plg langsung capcusss..
Smoga hasil pemeriksaannya gak ada yang ajaib, soale kata teman saya si Prof. ini detail bgt meRiksanya, nah si teman saya 2x hamil 2x abortus (˘̩̩̩.˘̩ƪ) dia udah beRobat kesana kemari, dan stlh dipeRiksa Prof.Yacub barulah ketauan apa yang menyebabkan da keguguRan sampai 2x.

Ya اَللّهُ mudah2an gak ada kelainan apapun yang menyulitkan hamba dan suami hamba untuk mempeRoleh keturunan
‎​آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِنْ



Mohon doanya ya teman-teman :*