Masak apa

Ayam Bakar Taliwang



Bahan:
1 ekor ayam potong menjadi 12 bagian
4 sdm air jeruk limau
4 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus
36 cabai merah
4 cabai rawit
20 bawang merah
8 bawang putih
3 sdt terasi
3 buah tomat
5cm kencur
4 sdt garam
5 sdt gula

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai matang, tambahkan air jeruk limau, aduk rata, setelah itu masukan ayam aduk rata kemudian didiamkan hingga matang dan bumbu meresap.
Setelah ayam matang, lalu ayam dibakar hingga kecokelatan


Plecing Kangkung



Kukus Kangkung lalu campur dengan kacang tanah yang sudah di goreng 

Sambel Plecing Kangkung:
Cabe merah 8 + Cabe rawit 2 + bawang merah 5 + tomat 2 + terasi 2 sdt + garam 1 sdt + gula 2 sdt
-> diuleg hingga rata

Saya Sedih Gak Keterima PTT Oktober 2011 ;"(

Tadi pas bangun sahur kaget liat ‎​ввм banyak bener dan isinya sama semua

"Nis keterima PTT gak?"

Omaigooooot... Saya kira pengumumannya besok. Rasa ngantuk tergantikan dengan rasa penasaran akan nasib masa depan saya, langsung buru-buru buka link www.ropeg-kemenkes.or.id

Setelah memasukkan nama dan nomor STR, kemudian muncul tulisan ϑì layar

" Terima kasih atas partisipasinya, mohon maaf saudara belum dapat diangkat sebagai dokter PTT Kementrian Kesehatan Periode Oktober 2011 "

Haaaaa... Gak mungkin... Ini pasti salah. Lalu sayu masukin no STR, dan coba lagi dan lagi masukin no STR yang sama. Dan tentu saja hasilnya sama aja hiksss... Padahal ngarep hasilnya *simsalabim* berubah jadi keterima PTT :P

Rasanya langsung lemes sedih dan gak nafsu makan sahur. Tapi teteup aja habis nasi sepiring malah nambah cheese cake 2potong :P

Meski sedih tapi gak sempet buat nangiss, habis sahur langsung buru-buru mandi + sholat subuh terus berangkat kerja, pas ϑì jalan baru deh ngerasa nelangsa nya... Etapiii cm brp menit soalnya tmn saya nelpon dari saya ϑì UI depok sampai saya tiba ϑì Legok Tangerang. Si teman sama-sama senasib gak keterima PTT, cuma bedanya dia udah nyoba berapa kali dan saya baru sekali. Si teman benar-benar stress ditambah lagi dia baru aja putus sama pacarnya yang udah pacaran bertahun-tahun lamanya.

Denger cerita si temen harus belajar beryukur dengan keadaan saya saat ini.

Dan tadi malem waktu pulang bareng ibu, si ibu bilang kalo seandainya saya gak dapat PTT, ya udah langsung daftar PPDS ajah, apahhh... Kaget dan seneng sih akhirnya dpt restu untuk sekolah lagi. Tapiiiii saya gak pernah belajar, sedangkan orang-orang pasti persiapannya udah mantap. Nasib pemalas -_-"

Kalo dipikir-pikir ibu bilang kaya tadi malem, like a sign for me cos yesterday my mother did not give permission to school again if I was not married and have children, surprised me.

Fufufu... So Unpredictable... Rencana saya awalnya saya pengen PTT tahun ini, selesai PTT tahun depan lalu menikah dan persiapan untuk PPDS. Tapiiiiiiiiiiiii... Setelah drama beberapa bulan kemarin dan daripada saya dikutuk jadi kodok sama ibu juga nenek saya, finally saya memutuskan insyaAllah siyappp nikah tahun ini. Makanya semua terasa begitu cepat dan serba dadakan, ya tapi bismillah niat untuk ibadah dan membahagiakan orangtua, insyaAllah kehidupan rumah tangga saya diRidhai Allah *amiinn YRA*

Dan setelah memutuskan untuk menikah tahun ini, maka saya pun mengurungkan niat untuk PTT. Hingga pembukaan pendaftaran PTT, ibu saya bilang "mbak udah daftar PTT, udah sana cepat daftar, tapi pilih kaltim aja ya jangan pilih papua atau maluku". Wewww... Kemarin-kemarin mau daftar PTT dilarang ina ini ituh, tapi ini malah disuruh daftar.

Jadi yaaa bukan saya nekat udah tau mau nikah tapi koq daftar ptt. Itu semua karena saya berusaha untuk manut sama orang tua, krn ridha Allah ridha Orang tua. Drpd hidup saya gak berkah ya mendingan manut ajah.

Meski karena daftar PTT sekarang atas indikasi patuh pada orang tua, tetep aja saya sedih tau gak keterima. Kebayang aja berubah semua rencana yang udah saya susun. Tapiii mau gimana... Saya punya rencana, yang menentukan semuanya kan Allah SWT. InsyaAllah keputusan yang Allah kasih, inilah yang terbaik buat hidup saya kedepannya. Ketika gagal berat rasanya menerima kalau ini yang terbaik. Tapi pengalaman saya ketika saya gagal membuat saya memandang hidup lebih luas.

Kegagalan saya 3 tahun lalu saat masuk PaPK TNI membuat saya saat ini dapat mengucap syukur Alhamdulillah berkali-kali, coba kalo seandainya waktu itu saya keterima, saya gak mungkin duduk disini dan sibuk mempersiapkan pernikahan saya, entah kapan baru bisa menikah, padahal kan usia saya terus bertambah, Alhamdulillahhhhhh. Meski waktu itu rasanya sediiih luar biasa sia-sia perjuangan saya untuk ngebahagiain orangtua, tapi ternyata memang janji Allah tidak pernah salah, subhanallah..
Kegagalan lainnya ϑì tahun yang sama ketika saya telat memulai koas dibanding teman-teman saya, jobless paling gak enak dalam hidup saya 1 hari berasa 1tahun dan saya menganggur selama 6bulan dan resenya ada teman sok okeh yang tiap hari kaya gak ada kerjaan nelponin saya terus cuma buat pamer aktifitas dia selama koas setiap harinya >_< doa saya waktu itu "ya اَللّهُ gpp untuk saat ini si nyebelin itu ngetawain nasib saya saat ini, tapi ijinkan hamba untuk bisa tertawa bahagia pada akhirnya nanti" and then... doa saya dijawab Allah SWT setelah 3tahun berlalu, bahkan Allah SWT pun memberi bonus yang luar biasa untuk saya, terima kasih Ya Allah
Mungkin kalau waktu itu saya gak ngalamin gagal sehingga koas saya begitu lamanya, saya gak mungkin ngerasain bonus yang Allah SWT kasih untuk saya.

InsyaAllah untuk kegagalan saya hari ini, saya percaya kalo اَللّهُ sudah menyiapkan rencana yang baik untuk hidup saya selanjutnya. Lagipula ya kalo dipikir-pikir riweeeh banget nyiapin nikahan dan PTT, dan belum lagi kalau insyaAllah saya langsung hamidun. Weeew.. Udah LDR sama calon suwamiii, trs jauh pulak dari ibu,bapak dan juga adik-adik saya TT_TT

Bismillah... Ikhlas dan Pasrah sama Allah SWT, insyaAllah saya akan dapat rejeki yang lebih baik, amiiiinn ya rabbal alamin.

Doakan saya juga ya teman :*

Dilemma Foto Prewed

2bulan 3minggu 5hari lagih sayah kewong tapihhhh.. blom poto prewed... yaaaa mau gimana lagih coba nasib el-de-er, tapi 4 hari lagih si akang pulang bawa berlian sekarung (Amiinnn Ya Allah).

Rencananya minggu depan setelah si akang pulang, kitah mau mencari custom buat prewed habis itu juga mau ketemuan sama bayu temennya si akang yang mau motoin kitah ntar. Tapi koq... makin kesini setiap ngeliat foto prewed bajussss langsung labil. Ditambah lagi teman sayah Yohan nawarin foto prewed gak gratisan sama dia (**d**g bgt siy sahabat sayah).

Ini dia nominasi foto prewed sayah...

Bayu Halilintar
Hmmm... jujur kurang sreg sama hasil-hasil fotonya, gak sayah banget (sorry yak bukannya belagu atau gimana tapi kalo untuk urusan desain mendesain dan kawan-kawannya saya amat sangat perfectionis, art is my passion). Tapi si akang menjanjikan si bayu bisa bikinin foto sesuai dengan konsep yang ada di kepala sayah ini, yahh we will see lah setelah ketemuan sama si bayu soale si bayu ini temannya si akang dari kecil juga temannya ngeband jaman jahiliyah dulu*oemjih.. hahahahaha



Ini hasil karya sahabat saya Yohan Samudra klik disini
Yohan niy teman se geng sayah jaman kuliah (aih berasa abegeh banget yak :P) , saya dan yohan punya selera desain yang hampir sama. Duluuu pas masih semester 1 pas lagi kuliah kimia iseng-iseng sayah bikin desain logo geng untuk jacket geng (aih sadesss makkk...) truss si yo pinjem hasil desain sayah itu, besoknya pas di kelas dia nunjukin logo bikinan saya di HP nokia nya (jaman duluuu niy henpon heitsss banget loh :P ). Terus kita juga kerja bareng yang diselingi "drama" untuk ngedekor "MAKRAB" kemudian bikin buku angkatan. Waktu bikin buku angkatan saya memperkenalkan yang namanya sotosop dan corel draw sama yo, nampaknya selama koas si yo makin canggih bermain sotosop nya, sedangkan sayah semenjak koas dan hingga kini gak pernah temenan lagi sama sotosop. Dan sekarang yo.. makin assooooy geboyyy bermain sotosop bersama kameranyah. Bersama pacarnya, yo mulai merintis OceanPhotography. Mudah-mudahan beberapa tahun lagi OceanPhotography mulai digandrungi para capeng *aheeeey.
(Yo murahin napah harganya.. sama temen sendiri jugaaaaa... gw doain lu keterima ppds uro UI, dagangan lu juga makin laris :D hahaha )



Irvan Airlangga
Tadinya pengen banget  foto wedding dan lamaran sama mas irvan, tapi dia fully booked :"( 
Terosss mas irvan menawarkan kalo gak bisa buat wedding dan lamaran, kan bisa buat foto prewed nyah... aheeeey bisa ajah niysi mas irvan dagangannya hahaha.. yaaa klo cucok mudah-mudahan kita berjodoh yahh...


YSD Photography
Ini diah vendor foto wedding saya nanti, barusan si Ko Yuwel nawarin harga spesiyalll pake telorrr karena saya dan akang sudah ambil paketan untuk wedding, Mudah-mudahan harganya cucok di kantong kami juga ya Ko' (amiiiiiiiinnnnn yaollooooh).


Aimeworkz
Baru nemu tadi sama vendor satu inih, duh warnanyaaaaa lucukkk bangettttt kaya lolipop, aku suka jadinya hehehehehe...


Brownies Photography
Ini vendor yang penawarannya bikin aku nyesel karena udah keduluan dp ke vendor pilihanku :"(
aku juga suka sama hasil foto-fotonya vendor inihhhh...


Semoga setelah akang pulang minggu depan kita berdua udah punya keputusan final mau pakai yang mana, pastinyah yang hasilnyah okeh diliat dan okeh pulak di kantong ^_^ aminnn yaollohhhh.

Masak apa Hari Ini


Ca Ampela Cabai Hijau


Bahan-bahan:
1.       Ampela 500gr -> dipotong dadu
2.       Jagung Putren 250gr -> dipotong menjadi 4
3.       Cabai Hijau gede 10buah -> di potong serong
4.       Bawang putih 4buah -> iris tipis
5.       Bawang Merah 7buah -> iris tipis
6.       Jahe ½ ruas -> iris tipis
7.       Saus Tiram 1 ½ sdm
8.       Garam 1 sdt
9.       Gula 2 sdt
10.   Lada 1 sdt
11.   Daun Salam 3 lembar
12.   Minyak goreng
Cara Membuat:
1.       Panaskan minyak goring, setelah panas msukkan bawang merah+bawang putih+jahe, tumis hingga layu dan wangi
2.       Masukkan daun salam
3.       Tambahakan saus tiram, lada, gula, garam
4.       Masukkan ampela, jagung dan cabai hijau, aduk rata secara perlahan-lahan, diamkan hingga mendidih


Sop Sosis Makaroni




Bahan-bahan:
1.       Wortel 2buah dipotong dadu
2.       Kacang polong 10 sdm
3.       Sosis ayam 3 buah  dipotong tipid
4.       Telur puyuh 10 butir (yang udah matang)
5.       Makaroni  100gr
6.       Bawang Putih 3 siung -> di keprek
7.       Bawang Bombay 1 buah -> diiris tipis
8.       Minyak goring untukl menumis
9.       4 gelas air kaldu ayam
10.   Gula 2,5 sdt
11.   Garam 1,5 sdt
12.   Lada 1sdt

Cara Membuat:
1.       Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih+Bombay hingga layu
2.       Panasakan 4 gelas air kaldu ayam hingga mendidih, setelah mendidih kecilkan api, lalu masukkan tumisan bawang putih+ Bombay, wortel, kacang polong, sosis, macaroni, telur puyuh, gula, garam, lada, masak hingga mendidih, setelah mendidih api dimatikan kemudian seledri+daun bwang yang sudah dirajang halus dimasukkan.

Bubur Jagung


Bahan-bahan:
1.       Jagung 5buah -> dipitili (apa yak bahasa endonesiyahnya diambil bijinya ^_^ )
2.       Biji Mutiara !kantong -> direndam air hangat
3.       Tepung Maizena 3 sdm
4.       Susu Cair 3,5 gelas belimbing
5.       Gula
6.       Garam
Cara Membuat:
1.       Rebus Jagung+Biji mutiara dengan 3,5 gelas susu sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api
2.       Masukkan Gula+Garam+Maizenna, aduk rata sampai mendidih.

Jus Strawberry


Strawberry+Susu Ultra Cair+Gula diblender

Nyaris Nyesel

Pertama
Kemarin pas ngitung-ngitung jumlah seragam buat timintimin, eh kurang 2. Kebayang donk malesnya harus jauh-jauh balik ke mayestik cuma buat beli kain 2 potong (sebenarnya sih ntar mau sekalian beli payet, swarovski, tile, satin, pita, renda air wewww emang demen ogut ke mayestik hahahahaha...).
Terus barusan si teman bbm...
"Nek mau ngadain arisan lagi nih sama anak-anak, sapa aja ya yang bisa, liat daftar lu buat beli seragam anak-anak dong"
"Bentar ya dut gw liat catetan gue buat beli seragam kemarin"
terkirimlah nama-nama itu ke teman saya, dan tak lama kemudian..
"Nek, lu kelebihan tau buat daftarnya"
"Maksudnyah"
"Lah kan si ini gak bisa datang ntar"
"oh iya yak.. berarti kemarin gue beli 11 kebanyakan yak"
"HAH 11.. sapa ajah.. 9 taukkk elu kan gak keitung buat beli seragam lu sendiri"
"Haaaaa.. 9??? Berarti gue kelebihan 2 dong yah"
eng ing eng..
"Eh dut.. kemarin kan gue kurang 2 yak kainnya, lah sekarang kelebihan 2, Alhamdulillah berarti gue gak usah balik ke mayestik"
Pesan moral.. dibalik kebodohan.. ada hikahnya apalagi kalo hoki kaya ginih, jadi gak perlu keluar uang lagi buat beli seragam, hiphiphuraaaaaay...

Kedua
"Eh foto wedding kamu bagus yah"
"Iya aku kemarin pake brownies photo, dari prewed sampai wedding 2hari cuma Rp X,- "
"Udah termasuk prewed segituh... ih murh benerrrrr"
"Kamu pake ini aja, waktu wedingku kemarin, ini vendor terbaikku"
'Hikssss... aku udah dp ke vendor lain TT_TT "
"Aku kemarin juga uah sempat dp ke vendor lain, tapi setelah dihitung-hitung masih murah dan bagusan si brownies ini kemana-mana, udah kamu hubungi orangnya dulu aja, ini no telp nya 08xxxxxxxxxx"
Meski sebenarnya berat hati ini buat nanya-nanya info lengkap niy vendor fotografi, tapi toh akhirnya tetap saja saya keganjenan ngehubungi itu vendor foto. Dan pas penawarannya tiba... tungitangitung... jatuhnya sama ajah ternyata... cuma si vendor teman udah termasuk paket prewed dan vendor saya tentu tidak :D
Ihiiiikssss... rasanya jadi makin nyesel... trus iseng-iseng buka FB, mau liat kedua vendor ini, hasilnya sama bagusnya... dan setipe... seperti seleraku...aduhhh makin nyesel gustiiiii... TT_TT


YSD Photography

                                             
Brownies Photography

Terosssss pas ngeliat FB nya YSD, mataku tertuju pada tulisan ini...
Traditional WeddingDay : Arya + Wilda oleh YSD PHOTOGRAPHY
karena jarang, setiap kali ada kesempatan untuk mengabadikan Traditional Wedding YSD selalu saja antusias...untuk Arya + Wilda, YSD ada kesan khusus buat the groom...hehehe...kaku amattt bosss :) biasanya ketawa mulu...
Sumpeeeee dehhhhh... Baca tulisannya Ko Yuwel bikin hati yang tadinya kebatkebit langsung adem bak diguyur air es...
InsyaAllah hasilnya bagus, karena ko yuwel jarang moto traditional wedding, kbanyakan siyh internasiyonaleee... Jadi pastinya Ko Yuwel antusias, mudah2an dengan penuh antusiasnya Ko Yuwel mengabadikan traditional wedding saya nanti hasilnya juga maskimal, amiinn ya اَللّهُ
Hey kamu Brownies Knapah saya telat mengenalmuuu... Ini tuh ibarat ketemu cowo ganteng seminggu menjelang nikah ihiiiiiks... Kaooo brownies ϑɑη YSD sama2 bagusnya... Sama2 bikin aku bingung hehehehe...
Jadi kepengen difoto sama brownies juga deyh... Tapi kantongnya ngepas benjet niyh... Hmmmm... Sapah tau Price List nya si brownies buat Lamaran bisa lebih murceee... Amiiiiiin

Terakhir...
Sebenarnya ini bukan kisah yang terakhir, malah ini kisah pertama...
Untuk urusan catering ibu suri emang gak banyak TF sana sini, begitu TF pertama kali sama DTC  angsung jatuh cintrooong ϑɑη tak bisa pindah ke laen hati, nah si ibu ϑɑη bapak udah klik pake DTC, tapi venue nya masih labil karena awalnya ibu mau acaranya diadain ϑì IPB International Convention Centre, karena si kang rama rese dan agak bawel ndak mau kalo acaranya ϑì Bogor (iya juga siy secara rumah dia ϑì matraman, kita mah depok deket aja yah klo ke bogor hihihi), terus tanteku ngasih info  Menara 165 dan pas liat wowww bajusssss yah.. Etapiiiii koq knapah cateringnya cuma tiggah sahajahhh... Dan si DTC bukan rekanan menara 165 :(  trustrus pas diliatl iat lagih... Ada  SonoKembang catering yang biasa ϑì pake keluarga ibu, ini catering nomer 1 di surabaya, tapihhhhhhhh harganyahhhhh mosoolloooooooh... Yasudah mari kita byebyebye sama menara 165 dan catering dari surabaya ituh. 

Hingga pas ibu suri bayar dp DTC waktu pameran wedding ϑì bidakara, setelah selesai bayar membayar pengen muter-muter sebentar, ternyata eh ternyata si Sonokembang ituh stand nya sebelahan sama DTC, trus mampirlah kita kesituh  dannnnn.. harga penawaran Sonokembang ini beda banget sama harga yang kita lihat ϑì menara 165, hmmmmm... Si ibu suri tampak pucat pasi sepertinya menyesal udah keduluan dp ϑì DTC, sebenarnya DTC sama Sonokembang sama-sama enak, kalo si DTC unggul ϑì masakan internasiyonale sedangkan si Sonokembang untuk menu tradisionalnya juwaraaaaa... Kalo si yangti siy nyuruhnya pake Sonokembang, karena setiap mantu yangti selalu pake catering ini ϑɑη memuaskan. 

Tapiiiiii...sampai sebelum puasa ibu suri belum memutuskan teteup pake DTC ato ganti Sonokembang,. Sampai kita ketemu tante Anna dan tante Anna nanya kita pake catering apa, lalu cerita pula lah kita tentang kebimbangan memilih antara DTC dan Sonokembang inih.
Dan si tante bilang
"wis DTC wae, iku wis jelas apik'e nek sing sijine iku pancen apik nek nang suroboyo, nek nang kene yooo bedooo karo DTC" 
Alhamdulillah yahh... Terimakasih tante cantik... Akhirnya fiks pake DTC dan pembayaran tahap selanjutnya pun sudah dilakukan :D

Emang yakkk... Rumput tetangga selalu nampak ijooooo kalo kitah udah deal sama satu vendor hehehe... Godaan.. Godaaan... Tapi kita harus tegas.. Harus yakin... Kalo pilihan yang pertama itulah yang terbaik, amiinn YRA.
Prinsip saya nentuin vendor yang akan dipake, yaitu klik sama manajemennya begitu berasa nyaman adem... Ooo berarti yang ini calon vendorkuh... Hahahahaha... Berasa dukun deh eik :P

Mudah-mudahan semua vendor yang saya pilih hasilnya maksimal pada hari H nya dan tidak mengecewakan, amiiinn ya rabbal alamiinn..




Sikluskuh...

Tadi pagi pas mau sholat subuh kebelet pipis, dan ternyata.. awwww berdarahhhhh.. Alhamdulillah yahh.. berdarahnya beberapa menit setelah sahur, coba kalo beberapa menit sebelum buka udah nangis guling-guling deh. Biasanya kalo berdarah selalu syediiih.. kerena eh karena nyeri haid saya parah banget sampe pengsan pengsan segala, kadang sangking sakitnya mau analgetik keq spasminal keq gak mempan.. dan si ibu suri yang ngeliat anak gadisnya guling-guling kesakitan bukannya nolongin tapi malah nyeramahin "makanya cepat nikah biar gak sakit kalo lagi mens" ihiiiiksss...Tapi hari ini saya syenang syekaliiiii, meskipun hari ini saya berdarah. kenapa saya syenang. karena bisa makan minum di depan orang-orang yang puasa (senyum menyeringai seperti kuntilanak hihihihihi..). Tentu tidak dong ah.. saya kan muslimah yang sholehah, mana mungkin saya seperti itu yahh.. *sambil ngebenerin kerudung* :D

Emang dari kemarin saya ngarep biar ntar pas nikah pas baru selesai haid, biar pas waktunya sama masa subur saya, biar langsung hamidun klo dikasih rejeki sama Allah SWT amiinn Ya Rabb. Etapiiii.. beberapa bulan terakhir ini siklus haid saya diatas tangal 15, kalo kaya ginih ceritanyah pas malem pertama pas lagi berdarah #eh... :P
Atas dasar niat yang mulia untuk membahagiakan calon suami nanti (Subhanallah yahh..beruntung banget yah si kang Rama punya calon estri berhati mulia seperti sayah :P ) pengen banget siklus nya jadi maju seminggu. Emang yahh kalo niatnya baik, insyaAllah dikabulin sama Allah SWT amiinnn YRA. Dulu saya gak pernah aware tanggal berapa hari pertama haid saya bulan ini, sebulan yang lalu dan dua bulan yang lalu, namun menjelang nikah saya catet biar gak lupa sama HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) sendiri.. Seharusnya sih sebisa mungkin setiap perempuan inget kapan HPHT nya. Karena dari HPHT kita selama beberapa bulan terakhir, kita jadi tahu kapan masa subur kita, selain itu HPHT juga bisa jadi patokan untuk ngitung usia kehamilan, ini amat sangat kepake banget loh.. apalagi kalo tinggal di daerah yang gak ada fasilitas USG nya.

Sebenarnya apa sih masa subur itu?

Masa subur adalah masa dimana tersedia sel telur yang siap untuk dibuahi. Masa subur berkaitan erat dengan menstruasi dan siklus menstruasi. Masa subur ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone (LH), Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan estrogen. Selain itu siklus juga dipengaruhi oleh kondisi psikis si wanita jadi, bisa maju atau mundur. Untuk itu pemahaman mengenai bagaimana terjadinya menstruasi dan bagaimana siklus menstruasi itu perlu dipahami kaum hawa secara rinci.
Dengan mengetahui kapan masa subur dan masa tidak subur maka, seseorang dapat mengembil keputusan untuk hamil atau untuk tidak hamil.




Sedangkan menstruasi itu sendiri merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi yang berulang setiap bulan tersebut akhirnya membentuk siklus menstruasi. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid sampai tepat satu hari pertama haid bulan berikutnya. Siklus menstruasi berkisar antara 21-40 hari hanya sekitar 10-15 persen wanita yang memiliki siklus 28 hari. Menstruasi yang pertama kali disebut menarke paling sering terjadi pada usia 11 tahun tetapi bisa juga terjadi pada usia 8 atau 16 tahun Menstruasi merupakan pertanda masa reproduktif pada kehidupan seorang wanita yang dimulai dari menarke sampai terjadinya menopause.Pada awalnya, siklus mungkin tidak teratur. Jarak antara dua siklus bisa berlangsung selama 2 bulan atau dalam 1 bulan mungkin terjadi 2 siklus. Hal ini adalah normal, setelah beberapa lama siklus akan kembali teratur.

Untuk menghitung siklus menstruasi bisa dilakukan dengan membuat catatan pada kalender. Silanglah setiap hari pertama haid, hitung jumlah hari dari hari yang disilang sampai hari yang disilang pada bulan berikutnya. Dengan demikian pola siklus Anda dapat diketahui. Hal ini sangat berguna untuk menentukan kapan masa subur dan ovulasi terjadi. 

klik disini untuk tau kapan masa subur kalian.

Setiap bulan, setelah hari ke-5 dari siklus menstruasi, endometrium mulai tumbuh dan menebal sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan.Sekitar hari ke-14, terjadi pelepasan telur dari ovarium (ovulasi) . Sel telur ini masuk dalam salah satu saluran falopian dan jika pada saat ini terdapat sperma yang masuk maka terjadilah pembuahan. Jika terjadi pembuahan sel telur yang telah dibuahi tersebut akan masuk kedalam rahim dan mulai tumbuh menjadi janin.Pada sekitar hari ke-28, jika tidak terjadi pembuahan, maka endometrium akan meluruh dan terjadilah siklus menstruasi berikutnya, Menstruasi bisa berlangsung selama 3-5 hari, kadang hingga 7 hari. Proses pertumbuhan dan penebalan endometrium kemudian dimulai lagi pada siklus berikutnya.

#eh koq jadi berasa ibu guru yahh.. hehehehehe...

3bulan 3hari lagi mari kita buat check list


Tentukan tanggal pernikahan

Tentukan besar budget bagi tiap vendor

Tentukan jumlah tamu!

Segera pesan tempat & bayar DP

Mulai memikirkan tema Anda. Suka yang klasik? Atau pengikut trend? Ikuti pameran-pameran bridal dan baca majalah-majalah wedding untuk menambah wawasan Browse City By City Collections untuk koleksi & tren terbaru serta info pameran
Tips:
- langkah pertama yang paling mudah adalah: pilih warna yang Anda suka, dan hubungkan setiap detail agar sama atau serasi dengan warna tersebut
- jangan lupa untuk senantiasa berkonsultasi dengan para orang tua, terutama yang bersangkutan dengan upacara / acara adat


Pertimbangkan kebutuhan akan Wedding Organizer. Bila Anda memiliki saudara / teman baik yang kompak & punya banyak waktu luang, mungkin Anda tak harus menyewa WO, tapi bila tak punya banyak waktu luang & ingin penanganan yang lebih profesional, WO adalah solusi yang tepat



Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai vendor Anda
Tips: join discussion forum untuk saling berbagi pengalaman dan bertanya dengan rekan sesama calon pengantin dari seluruh penjuru dunia!


Segera tentukan model gaun pengantin yang Anda inginkan, berikut aksesori dan sepatu

Tentukan model dan bahan yang akan dipakai oleh ibu & ibu mertua

Tentukan model jas pengantin untuk pria

Pastikan dokumen-dokumen penting untuk melengkapi syarat-syarat pembuatan akta pernikahan sudah lengkap dan tidak bermasalah, baik secara agama maupun legal (KUA atau catatan sipil)



Mulailah meminta vendor dekorasi Anda membuat sketsa dekorasi

Pesan gaun pengantin yang diinginkan

Pesan keperluan dokumentasi: foto pre-wedding, studio, liputan, candid, dan video

Pesan kue pengantin, jangan berpatokan pada bentuknya saja, lakukan test cake untuk memastikan rasanya Tips : sesuaikan dengan warna nuansa acara secara keseluruhan

Pesan jas pengantin pria

Tips:
- pelajari baik-baik cara kerja para vendor dan komunikasikan keinginan Anda sedetail mungkin, dengan tetap mendengarkan masukan mereka yang sudah berpengalaman
- pastikan Anda mendapat keterangan secara tertulis mengenai segala detail yang Anda perlukan untuk menghindari kealpaan & kesalahpahaman di kemudian hari


Mulailah merawat tubuh dan wajah. Lakukan diet sehat serta facial secara teratur



Pesan cincin pernikahan Anda

Susun daftar tamu dari pasangan, kerabat dan orang tua kedua belah pihak

Pesan souvenir yang akan diberikan untuk tamu-tamu Anda

Bentuk panitia keluarga untuk menentukan kepentingan masing-masing orang dan sebagai support mempersiapkan berbagai kesibukan

Tentukan model dan bahan seragam panitia yang akan dipakai

Susunlah acara, jenis musik, penyanyi, hiburan dan Master of Ceremony yang akan mengisi acara pernikahan Anda

Susun daftar menu yang diinginkan, tentukan vendor dan lakukan test food, agar Anda dapat lebih leluasa menentukan menu yang berubah atau ditambahkan

Tetapkan sketsa dekorasi yang akan Anda pakai, dan bicarakan ekstra dekorasi untuk kamar pengantin Anda

Konfirmasi ulang semua vendor terkait untuk tugas yang akan mereka kerjakan



Hubungi pihak catatan sipil/KUA sekaligus memastikan dokumen-dokumen apa saja yg diperlukan, dan beritahukan tanggal pemberkatan kita

Lakukan tes kesehatan pra nikah sesuai dengan persetujuan bersama

Pesan kartu undangan! Jangan lupa meminta 1 contoh untuk memastikan kerapihan & agar desain betul-betul sesuai dengan keinginan Anda & pasangan

Aturlah kendaraan yang dibutuhkan tamu dari luar kota

Mengepas busana pengantin yang akan anda pakai
Tips: jangan tahan nafas dan usahakan senyaman mungkin! Tentukan juga sepatu dan aksesorinya


Ajak panitia keluarga dan orang tua mengukur badan untuk seragam yang akan mereka kenakan

Ambil pesanan cincin pernikahan Anda

Beli perlengkapan seserahan atau barang-barang yang akan dipakai dalam upacara adat dan sebagainya

Siapkan dokumen-dokumen penting untuk honeymoon jika Anda berencana berbulan madu ke luar negeri

Tentukan siapa yang akan menjadi pendamping pengantin wanita maupun pria



Lakukan test make up dan hair do dengan penata rias dan bicarakan kekurangan atau model yang Anda inginkan

Lakukan foto pre-wedding Anda dan pasangan, sekaligus memesan standing frame untuk dipajang pada hari H
Tips: untuk efisiensi waktu, lakukan pengambilan foto setelah test make up


Buatlah daftar lagu yang anda inginkan untuk pesta pernikahan Anda, dan berikan pada bagian musik atau MC

Lakukan pengepasan gaun pengantin terakhir lengkap dengan aksesorisnya untuk memastikan tidak ada yang kurang atau salah

Ambil jas pengantin pria!

Hubungi florist untuk memesan hand bouquet (ingat nuansa warna pesta sebagai acuan)

Jika pesta pernikahan akan dilangsungkan secara sitting down party (makan di meja), mulailah menyusun pengaturan tempat duduk

Lakukan reservasi dan rencanakan bulan madu Anda
Browse halaman honeymoon untuk info lengkap lokasi dan harga berbulan madu di dalam negeri


Tentukan siapa yang akan menjadi pengesah pernikahan Anda



Ambil pesanan kartu undangan dan mulai mengirimkannya

Konfirmasi pada tamu atau kerabat di luar kota apakah sudah menerima undangan

Adakan rapat panitia keluarga untuk mengkoordinasi masing-masing bagian tugas yang diambil, dan pastikan panitia sudah memiliki jadwal rundown acara

Recheck terakhir semua pesanan dari vendor yang terkait, pastikan tidak ada yang salah atau kurang

Recheck terakhir semua kelengkapan reservasi bulan madu Anda

Mulailah mengkonsumsi multivitamin dan perbanyak istirahat

Siapkan biaya tambahan untuk orang-orang yang membantu dalam acara tetapi tidak ada dalam daftar (supir, cleaning service, tukang parkir dsb)

Lakukan perawatan pre-wedding lengkap (lulur, spa, ratus, dsb)

Sewalah kendaraan untuk hari H segera agar Anda mendapatkan mobil dengan type dan warna sesuai dengan keinginan

Beli bingkisan ucapan terima kasih untuk orang yang banyak membantu Anda atau orangtua Anda



Tentukan orang yang akan bertanggung jawab membayar pembayaran tak terduga pada saat acara

Minta seorang teman untuk mengadakan pesta lajang jika Anda menginginkannya



Lakukan gladi resik acara

Nikmati hari-hari lajang terakhir Anda, pergilah dengan teman dekat Anda tanpa pasangan

Siapkan lingerie untuk malam pertama :)

Siapkan pakaian yang Anda butuhkan untuk honeymoon jika seusai pesta Anda langsung berbulan madu

Cari waktu untuk menghilangkan stress dengan melakukan meditasi ringan, membaca buku, atau relaksasi dengan spa

Diskusi ringan dengan bridesmaid dan bestman mengenai tugas mereka dan atur bila ada hal-hal khusus yang Anda harapkan bantuannya dari mereka



Minum suplemen dan berendam dengan air hangat

Pikirkan hal-hal yang baik dan lucu mengenai Anda dan pasangan Anda :-)

Cobalah untuk rileks dan istirahat lebih awal



Smile to everyone!
Anda adalah ratu sehari, jadi bagilah kebahagiaan Anda dengan semua orang


Berdoalah agar Anda bisa lebih rileks & agar acara berlangsung dengan baik

Jangan lupa untuk sarapan secukupnya

Lakukan semua urutan acara dengan tepat waktu

Ingatkan bestman tentang cincin pernikahan

Tips: jangan bawa HP, atau titip HP pada kerabat dekat Anda



Kirimkan bunga, kue atau semua ucapan terima kasih bagi rekan kerja, panitia atau orang-orang yang membuat pesta pernikahan Anda tidak terlupakan

HONEYMOON!

Tips: bila ada masalah atau hal-hal yang tak sesuai rencana / perjanjian dengan vendor terjadi pada hari H, cobalah menyelesaikan dengan kepala dingin dan jangan ragu untuk meminta kompensasi yang sepadan dengan vendor tersebut. Vendor yang profesional biasanya menyetujui, karena hal ini adalah hak konsumen. Tapi janganlah kesal berlarut-larut, ingatlah yang terpenting Anda sudah menikah dengan pasangan impian Anda!

Apah inih.. kenapa check list sayah masih banyak yang kosong, sayah kira udah fiks sama vendor-vendor yang akan sayah gunakan nanti udah cukup, ternyata belom, padahal kurang 3bulan 3hari lagih.
 hadoooh check list weddingku ini klo diikutin bisa gilah sayah (karena masih banyak yang kosong), maka mari kita buat check list sendiri.

Waktu dan Tempat
Lamaran : Sabtu 10-09-2011 / Minggu !!-09-2011 di Rumah CPW
Pengajian, Siraman, Midodareni : Kamis 10-11-2011 di Rumah CPW donk, dari jam 13.00 - selesai  
Akad Nikah :  Jumat 11-11-2011 di Rumah CPW lagi donk, dari jam 08.00 - 11.00
Resepsi : Sabtu 12-11-2011 di Sasono Adiguno TMII

Catering
Lamaran : Pralita Boga / Mahardika
Pengajian, Siraman, Midodareni : Pralita Boga / Mahardika
Akad Nikah : Pralita Boga / Mahardika
Resepsi : DTC

Dekorasi
Lamaran  : Annisa Rizky  :P
Pengajian, Siraman, Midodareni : Sanggar Avira
Akad Nikah : Sanggar Avira
Resepsi  : Janur Kuning

Kebaya
Lamaran      : QZM 
Pengajian     : Beli jadi di Thamrin City :P
Siraman       : Kebaya nikah ibu 
Midodareni  : QZM
Resepsi        : Sanggar Harlina

Dukun Manten
Ny. Anna Pramono - Sanggar Harlina

Foto dan Video
Lamaran : Bayu Halilintar
Prewed : Bayu Halilintar
Pengajian, Siraman, Midodareni : YSD Photography
Akad Nikah  YSD Photography
Resepsi  : YSD Photography

MC dan Entertainment
Lamaran : Kai Ica (Kai itu bahasa kalimantannya kakek, dulunya sebelum pensiun Kai Ica ini adalh penyiar radio RRI dan MC Istana Negara)
Pengajian, Siraman, Midodareni : Bapak Agus
Akad Nikah : Bapak Agus
Resepsi : Bapak Agus, Julie and Friends

Undangan

Souvenir
Pengajian : Thamrin City
Siraman : Belom tau apaan
Akad Nikah : Misachi Souvenir
Resepsi : Mela Souvenir

Baru segitu doang ternyat yang fiks sementara printilan-printilan lain kaya mahar, mas kawin, seserahan apalagi ngurus KUA belommmmm, nunggu si akang pulang.

Mudah-mudahan meski masih banyak yang masih kurang, semua bisa rebesss pas hari H nya, amiinn Ya Allah...